Ir. Samsuri Tarmadja, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KEANEKARAGAMAN SERANGGA FITOFAGUS DAN ENTOMOFAGUS PENGUNJUNG TUMBUHAN Cyperus rotundus DAN Cyperus iria DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keanekaragaman serangga pengunjung tumbuhan Cyperus rotundus dan Cyperus iria serta mengetahui status serangga pengunjung tumbuhan tersebut. Penelitian dilakukan di perkebunan kelapa sawit rakyat, Desa Pematang Jaya, Kec. Rengat Barat, Kab. Indragiri Hulu, Prov. Riau pada Mei 2020.
Penelitian ini dilakukan dengan metode scan sampling yaitu salah satu metode untuk menghitung jumlah spesies dan individu serangga pengunjung. Pengamatan keanekaragaman serangga dilakukan pada tiga periode waktu, yaitu pukul 09.00-10.00, 13.00-14.00, dan 15.00-16.00 WIB saat cuaca cerah atau tidak hujan. Identifikasi serangga menggunakan kunci determinasi serangga dan literature jurnal, dihitung keragaman menggunakan Shannon-Wiener.
Hasil penelitian menunjukan serangga pengunjung tumbuhan Cyperus rotundus diperolah 6 ordo, 7 family dan 11 spesies, diantaranya 7 fitofagus dan 4 entomofagus. Serangga pengunjung tumbuhan Cyperus iria diperolah 6 ordo, 8 family dan 11 spesies, diantaranya 5 fitofagus dan 6 entomofagus. Serangga pengunjung tumbuhan Cyperus rotundus 77 serangga dan Cyperus iria 85 serangga.

LOADING LIST...
abimanyubagas3@gmail.com
Ir. Samsuri Tarmadja, MP. - Personal Name
Idum Satya Santi SP., MP. (P) - Personal Name
BAGAS ABI MANYU - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...