Fitri Kurniawati, S.P., M.P (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI KERJA KARYAWAN PANEN DI PT. MENTHOBI SAWIT JAYA, DESA SELULUK, KAB. SERUYAN, KALIMANTAN TENGAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor – faktor motivasi kerja yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan panen pada PT. Menthobi Sawit Jaya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor internal yang dapat mempengaruhi motivasi yaitu harga diri dan prestasi, kebutuhan, harapan, tanggung jawab dan rasa kepuasan diri terhadap hasil pekerjaan dan mengetahui faktor eksternal yang dapat mempengaruhi motivasi kerja yaitu jenis dan sifat pekerjaan, kondisi kerja, kelompok dan hubungan interpersonal dan keamaanan serta keselamatan dalam berkerja.
Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Menthobi Sawit Jaya, Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah. Waktu penelitian adalah pada bulan Januari 2021. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan analisis kualitatif persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal dapat mempengaruhi motivasi dalam berkerja. Karyawan panen PT. Menthobi Sawit Jaya merasa termotivasi dengan adanya kata-kata penyemangat dan pujian yang diberikan oleh atasan. Karyawan merasa kebutuhan dalam segi pendidikan terhadap anak juga penting dan memotivasi mereka untuk berkerja lebih giat agar menghasilkan uang untuk menyekolah anak mereka. Keinginan untuk menjadi lebih baik dari segi ekonomi mendorong karyawan panen PT. Menthobi Sawit Jaya berkerja lebih giat untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan adanya motivasi tersebut, rasa tanggung jawab atas pekerjaan mereka untuk menghasilkan yang terbaik dan meningkatkan kinerja mereka yang membuat karyawan merasa puas atas hasil yang didapatkan. Faktor eksternal pun mempengaruhi motivasi karyawan dalam berkerja. Karyawan panen PT. Menthobi Sawit Jaya meliat dari kondisi kerja dan jenis pekerjaan yang mereka anggap cocok dengan apa yang mereka inginkan, hubungan antar karyawan serta atasan yang harmonis, fasilitas yang memadai oleh perusahaan dan rasa aman yang diberikan perusahaan dapat meningkatkan rasa ingin berkerja. Hal tersebut yang dapat mendorong rasa motivasi dalam berkerja karyawan panen PT. Menthobi Sawit Jaya.
LOADING LIST...
mnoorirfandi15@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...