Arum Ambarsari, SP. MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

IDENTIFIKASI SISTEM PASOK PEDAGANG PERANTARA TBS PETANI DI KECAMATAN BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG PROVINSI LAMPUNG


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pedagang perantara dalam meyediakan dan menyalurkan TBS dari hingga ke PKS dan Untuk mengetahui peranan pedagang perantara dalam menyediakan TBS yang akan disalurkan ke PKS. Metode analisis data dilakukan dengan cara deskriptif, dengan data-data hasil wawancara yang dianalisa dan dibahas lebih lanjut. Analisis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme yang diterapkan oleh pedagang perantara dalam menyediakan dan menyalurkan TBS hingga ke PKS serta mengetahui peran dan fungsi pedagang perantara dalam rantai pasok TBS. Analisis tabel digunakan dalam membantu deskripsi data kuantitatif yang diperoleh. Lokasi penelitian ditentukan oleh peneliti secara sengaja (purposive) yaitu di Kecamatan Banjar Agung, Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan pada Bulan Februari 2021.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mekanisme yang diterapkan oleh Pedagang Perantara adalah sistem pasok secara langsung ke petani dengan menjalankan fungsi-fungsi antara lain : pembelian, penjualan, pemberian modal pinjaman kepada petani, pengangkutan, penyimpanan, pemberian informasi terkait pasar serta kegiatan grading atau sortasi dan peran pedagang perantara dalam sistem pasok TBS adalah sebagai penentu harga jual TBS yang disesuaikan dengan harga di PKS, sebagai pemberi pinjaman modal, sebagai penyedia sarana dan prasarana yang mendukung pemasaran TBS hingga sampai PKS, dan sebagai pemberi informasi harga.
Kata Kunci : Sistem Pasok, TBS, Pedagang Perantara

LOADING LIST...
Adityahariyadi78@gmail.com
Arum Ambarsari, SP. MP. - Personal Name
Aditya Hariyadi - Personal Name
Dr. Ir. Danang Manumono, M.S (p). - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGAKARTA
LOADING LIST...