Ir. Nenny Andayani, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGGUNAAN PUPUK KOMPOS (KOTORAN AYAM DAN KOTORAN SAPI) TERHDAPA PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pupuk kompos (kotoran ayam dan kotoran sapi) serta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilakukan di Dusun Jenengan,Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial yang terdiri dari atas 2 faktorial. Faktor pertama adalah pemberian pupuk kompos kotoran ayam dan kotoran sapi. faktor kedua dosis pupuk terdiri dari 3 aras yaitu : kontrol, kotoran ayam, kotoran sapi. Data dianalisis dengan menggunakan sidik ragam dengan jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi interaksi nyata antara jenis pupuk dan dosis pupuk yang pada perameter jumlah daun, kecuali pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, panjang akar, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar, berat kering akar. Pupuk kotoran sapi memberikan pengaruh nyata untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Dosis pupuk kotoran sapi yang terbaik adalah 100gr/tanaman. Pengaruh pemberian pupuk kompos kotoran ayam dan sapi sama baiknya dengan control untuk memacu pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
ayubiimanuddin@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...