Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PEMBERIAN TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN PALNT GROWTH PROMOTING RHIZOBACTERIA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh hasil samping Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta yang terletak di Kalikuning Desa Tempelsari, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2020 – Februari 2021.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (RAL) .Faktor pertama yaitu pemberian TKKS yang terdiri dari 3 aras yaitu tanah saja, tanah : kompos TKKS (1:1) dan tanah : abu TKKS (1:1) Faktor kedua yaitu pemberian dosis PGPR yang terdiri dari 3 aras yaitu 0 ml + pupuk kimia (kontrol), 20 ml, dan 30 ml. Setiap kombinasi diulang 5 kali sehingga jumlah bibit kelapa sawit sebanyak 45 bibit. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode Analysis of variance (Anova) pada jenjang nyata 5% dan untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan diuji dengan uji Duncan’s multiple range test ( DMRT) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara pemberian TKKS dosis PGPR terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Kompos TKKS memberikan hasil yang baik bagi pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Aplikasi PGPR dengan dosis 20 ml sudah mampu memberikan pertumbuhan yang baik pada bibit kepala sawit di pre nursery dan mampu menggantikan peranan pupuk kimia.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...