Ir samsuri Tarmadja,MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengendalian Gulma Pisang Hutan (Musa acuminata) Dengan Berbagai Macam Herbisida Dikebun Kelapa Sawit


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pengendalian gulma dengan menggunakan beberapa macam herbisida dan cara aplikasi yang efektif dalam pengendalian gulma pisang (Musa acuminata).
Penelitian dilakukan di PT. Masuba Citra Mandiri Pendalian Estate – Wilayah IX yang terletak di Rokan Hulu Riau pada bulan Februari – April 2020. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan faktorial yang tersusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor. Penelitian ini menggunakan 12 kombinasi perlakuan, 1 perlakuan dengan 5 tanaman dan diulang 5 kali sehingga menggunakan 300 sampel gulma pisang. Data dianalisis dengan analisis varian dengan tingkat kepercayaan 95%. Apabila perlakuan menunjukkan perbedaan pengaruh yang nyata ditunjukkan dengan uji jarak Duncan Multiple Range Test (DMRT) dengan tingkat kepercayaan 95%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, herbisida yang efektif untuk mengendalikan gulma pisang liar/pisang hutan yaitu, 2,4 D, dan Glifosat.
Cara aplikasi herbisida yang efektif untuk mengendalikan gulma pisang liar/pisang hutan yaitu, suntik, semprot, dan ditakik/oles.

Keywords: Gulma, Musa Acuminata, Herbisida, Kelapa Sawit

LOADING LIST...
raisardi315@gmail.com
Ir samsuri Tarmadja,MP (P) - Personal Name
Rais Ardhi - Personal Name
Hangger Gahara Mawandha SP.M.Se - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...