Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMBUATAN KOMPOS DARI SAMPAH ORGANIK GEDEBOK PISANG DAN SERESAH POHON DENGAN AKTIVATOR MOL NANAS


Banyaknya biomassa yang belum diolah secara optimal sehingga perlu inovasi untuk mengolahnya menjadi produk yang bermanfaat seperti pembuatan pupuk kompos. Bioaktivator merupakan larutan yang mengandung mikroorganisme lokal yang berfungsi sebagai starter untuk mepercepat proses pengomposan. Penelitian ini menggunakan bioaktivator yang berasal dari limbah buah-buahan dari buah nanas yang sudah diracik dengan embrio pengurai.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji MoL air nanas terhadap bahan organik gedebok pisang dan seresah pohon serta menguji unsur hara yang dihasilkan dari pengomposan tersebut. Metode yang digunakan adalah pengomposan semiaerob yang dilakukan terhadap 4 perlakuan yang berbeda yaitu Perlakuan A (1 liter MoL + 5 kg bahan), Perlakuan B (2 liter MoL + 5 kg bahan), Perlakuan C (3 liter MoL + 5 kg bahan), Perlakuan D (0 liter MoL + 5 kg bahan).
Hasil penelitian menunjukkan waktu tercepat terjadinya kompos terdapat pada perlakuan C dengan dosis perlakuan MoL sebanyak 3 liter dengan lama waktu 9 hari. Unsur hara yang belum memenuhi standar kualitas yaitu pada kandungan nitrogen, phospor pada penambahan MoL 2 liter dan MoL 3 liter serta C/N rasio dan yang telah memenuhi standar yaitu pada pH, kadar air, C-organik, Kalium serta phosfor pada penambahan MoL 1 liter dan MoL 3 liter. Dari hasil uji anova didapatkan variasi dengan penambahan MoL 1 liter, 2 liter dan 3 liter rata rata mempengaruhi pada sifat kimia kompos. Dari hasil uji anova didapatkan variasi dengan penambahan MoL 1 liter, 2 liter dan 3 liter rata rata tidak mempengaruhi pada sifat fisik kompos.

LOADING LIST...
jelanisiswanto@gmail.com
Ir. Nuraeni Dwi Dharmawati, MP - Personal Name
Jelani Siswanto - Personal Name
Ir. Eka Suhartanto, M.Si - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...