Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengarung Perbandingan Arang Sekam Padi Sebagai Campuran Media Tanam Dan Dosis Pupuk Urea Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq) Di Pre Nursery


INTISARI
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan sekam padi sebagai campuran media tanam dan dosis pupuk urea terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah dilakukan di Kebun Pendidikan dan Penelitian Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan April sampai Juni 2020.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu perbandingan tanah regosol dan sekam padi yang terdiri dari 4 aras yaitu : 1 : 0 (tanpa sekam padi), 1:1, 2:1, dan 3:1. Faktor kedua adalah dosis Urea yang terdiri atas 4 aras yaitu : 0 g; 0,5 g; 1 g; dan 1,5 g. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 16 kombinasi. Masing-masing perlakuan dilakukan 4 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 4 x 4 = 16 x 4 = 64 bibit. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis of variance (Anova) pada jenjang 5%. Jika ada pengaruh nyata dalam perlakuan diuji lanjut dengan DMRT pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat kombinasi yang baik antara perbandingan tanah regosol dan sekam padi sebagai campuran media tanam dan dosis urea terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Tanah regosol dan sekam padi pada semua perbandingan berpengaruh sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian urea dosis 0 g, 0,5 g, 1 g, 1,5 g, berpengaruh sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
Kata kunci : kelapa sawit, pre nursery, sekam padi, media tanam, Urea.

LOADING LIST...
agungtryansiregarr@gmail..com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...