Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh dosis pupuk hijau dan macam pupuk fosfor terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di prenursery


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk hijau dan macam pupuk fosfor terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan April hingga Juni 2020.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan Rancangan factorial yang terdiri dari atas 2 faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD). Faktor pertama adalah dosis pupuk hijau yang terdiri dari 4 aras berdasarkan perbandingan volume tanah : 50%, 33%, 25%, dan 20%. Faktor kedua adalah macam pupuk fospor yang terdiri dari 3 macam pupuk yaitu RP, SP-36, dan TSP. Data hasil pennelitian dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance) pada jenjang 5%. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan Uji Duncan (Duncan’s Multiple Range Test) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tidak terdapat interaksi nyata antara macam pupuk P terhadap pertumbuhan tajuk bibit, sebaliknya terdapat interaksi nyata, yaitu pemberian pupuk RP dengan pupuk hijau volume 25,33, dan 50 % menghasilkan pertumbuhan akar bibit kelapa sawit di pre nursery yang lebih baik. Pemberian pupuk hijau volume 20% sudah mampu menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery yang baik. Pemberian pupuk RP, SP-36, dan TSP memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan tajuk bibit kelapa sawit di pre nursery.
LOADING LIST...
ulpahdwiyantihrp23@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...