Dra. Suprih Wijayani, M. Si.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH HERBISIDA CAMPURAN GLIFOSAT DAN METIL METSULFURON UNTUK MENGENDALIKAN GULMA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh herbisida campuran glifosat dengan metil metsulfuron untuk pengendalian gulma di perkebunan kelapa sawit, untuk mengetahui konsentrasi herbisida campuran yang tepat antara herbisida glifosat dengan metil metsulfuron, dan untuk mengetahui interaksi antara konsentrasi herbisida campuran glifosat dan konsentrasi metil metsulfuron dalam mengendalikan gulma di perkebunan kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit PT. Agro Kati Lama (SIPEF GROUP), Jalan. Peti Kemas Km 2, Kelurahan Pasar Muara Beliti Selatan, Kabupaten Musirawas, Provinsi Sumatera Selatan. Waktu penelitian ini dimulai pada bulan September 2020 sampai bulan November 2020.
Metode ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak kelompok lengkap (RCBD) yang terdiri dari dua faktor dengan 3 kali ulangan. Faktor pertama adalah konsentrasi herbisida glifosat yang terdiri dari tiga aras yaitu : 29,16 ml/l, 21,87 ml/l, 14,58 ml/l. Faktor kedua adalah konsentrasi metil metsulfuron yang terdiri dari tiga aras yaitu : 1,47 g/l, 1,10 g/l, 0,73 g/l.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi nyata antara konsentrasi herbisida campuran glifosat dan metil metsulfuron terhadap tingkat keracunan gulma di perkebunan kelapa sawit pada pengamatan 1 msa dan 2 msa. Semakin tinggi konsentrasi glifosat semakin menekan pertumbuhan gulma di perkebunan kelapa sawit. Herbisida glifosat efektif untuk mengendalikan gulma di perkebunan kelapa sawit. Herbisida metil metsulfuron tidak efektif untuk mengendalikan gulma di perkebunan kelapa sawit. Semakin tinggi dosis herbisida yang diaplikasikan maka semakin peka gulma di perkebunan kelapa sawit terhadap herbisida, sebab bahan aktifnya akan semakin banyak diserap sehingga kematian gulma di perkebunan kelapa sawit semakin cepat.

LOADING LIST...
ppop3785@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...