Ryan Firman Syah, SP., M.Si.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS KOMPOS PADA TANAH PASIR PANTAI TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Perkebunan kelapa sawit tidak banyak memanfaatkan penggunaan pupuk organik terutama pupuk kompos. Penggunaan pupuk kompos sebagai bahan pembenah tanah dapat meningkatkan kandungan bahan organik tanah sehingga mempertahankan dan menambah kesuburan pasir pantai. Terdapat beberapa bahan organik yang kurang dimanfaatkan terutama di lingkungan masyarakat seperti lamtoro dan kascing. Tetapi, lamtoro dan kascing belum dimanfaatkan secara serius untuk diolah menjadi pupuk kompos yang bermanfaat untuk tanaman. Hal ini dikarenakan kedua bahan tersebut memiliki kandungan yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman, secara khusus pada tanaman kelapa sawit pre nursery. Selain itu, lamtoro dan kascing juga mampu memperbaiki kesuburan tanah yang mana pada penelitian saya menggunakan media pasir pantai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam dan dosis kompos terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery pada tanah pasir pantai, mengetahui pengaruh macam kompos terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery pada tanah pasir pantai, mengetahui pengaruh macam dosis kompos terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pada tanah pasir pantai di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2020.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah Macam kompos yang terdiri dari 2 taraf yaitu ; lamtoro dan kascing. Sedangkan faktor kedua adalah Macam dosis yang terdiri dari 4 taraf yaitu ; kontrol (NPK), 50 gr/polybag, 75 gr/polybag, 100 gr/polybag. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat berpengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%. Parameter yang diamati antara lain tinggi bibit, jumlah daun bibit, luas daun, diameter batang, berat segar bibit tajuk, berat kering bibit tajuk, berat segar akar, panjang akar bibit, jumlah akar, berat kering akar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi macam dan dosis kompos tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, Kascing meningkatkan pertumbuhan luas daun, berat segar akar dan berat kering akar bibit kelapa sawit, dosis kompos 50 g/polibag sudah dapat mencukupi kebutuhan unsur hara pada tanah pasir pantai terhadap pertumbuhan tanaman kelapa sawit pre nursery.

Kata kunci : Kelapa sawit, Pre nursery, Macam kompos, Dosis kompos
LOADING LIST...
chanhafis275@gmail.com
Ryan Firman Syah, SP., M.Si. - Personal Name
Ichan Al Havist. R - Personal Name
Dr. Sri Suryanti, S.P., MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...