Ir. Abdul Mu'in, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH CARA PEMBERIAN DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


ABSTRAK
PENGARUH CARA PEMBERIAN DAN DOSIS PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT
PRE NURSERY

Oleh :
RAMA DEFRI SARAGIH
16/18418/BP
Penelitian yang bertujuan untuk untuk mengetahui cara pemupukan dan dosis pupk NPK yang efektif dan efisien pada pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery serta untuk mengetahui interaksi antara dosis dan cara aplikasi pupuk NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober – Desember 2020 di KP2 Instiper Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu cara aplikasi pemupukan yang terdiri dari tiga aras yaitu: ditabur, dibenam, dilarutkan. Faktor kedua yaitu dosis pupuk yang terdiri dari tiga aras yaitu: Dosis 1,5 g, dosis 2,5 g, dosis 3,5 g. Hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (analysis of variance) pada jenjang nyata 5%. Untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan diuji dengan jarak uji beragam Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupun NPK mampu meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Cara aplikasi pupuk NPK masing-masing dengan ditabur, dibenam dan dilarutkan menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pree nursery yang berbeda. Dosis pupuk NPK baik 1,5 g/polybag, 2,5 g/polybag dan 3,5 g/polybag menghasilkan pertumbuhan bibit yang sama, kecuali pada parameter pengamatan diameter bibit kelapa sawit. Aplikasi pupuk NPK dengan cara dibenam memberikan pertumbuhan bibit kelapa sawit yang baik diabndingkan dengan ditabur dan dilarutkan, khususnya pada tinggi bibit, panjang akar bibit dan berat segar tajuk bibit kelapa sawit di pree nurser. Tidak terjadi interaksi nyata antara cara aplikasi pupk dan dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.
Kata kunci : Bibit kelapa sawit di pre nursery, cara aplikasi pupuk dan dosis pupuk NPK

Yogyakarta. 16 Maret 2021

Mengetahuai
Dosen Pembimbimg





Ir. Abdul Mu’in, MP


LOADING LIST...
ramasaragih98@gmail.com
Ir. Abdul Mu'in, MP (P) - Personal Name
Ir. Samsuri Tarmadja, M.P - Personal Name
RAMA DEFRI SARAGIH - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...