KOKO PRIADI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH FREKUENSI PENYIRAMAN BIO-SLURRY CAIR DAN KOMPOSISI MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY


Tujuan penelitian untuk mengetahui interaksi antara frekuensi penyiraman Bio-slurry cair dengan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di (pre nursery). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret - Mei 2019.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah frekuensi penyiraman Bio-slurry cair yang terdiri dari 4 aras yaitu : kontrol (Urea + NPK), 3 hari sekali, 6 hari sekali dan 9 hari sekali. Sedangkan faktor kedua adalah komposisi media tanam dengan pupuk kandang ayam yang terdiri dari 3 aras yaitu: Tanah regusol (kontrol), tanah regusol + pupuk kandang ayam 1:1 dan 2:1. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing – masing dilakukan 3 ulangan, sehingga diperoleh 3 x 12 = 36 polybag. Data percobaan penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara frekuensi penyiraman Bio-slurry cair dengan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery. Tidak terjadi kombinasi antara perlakuan frekuensi penyiraman Bio-slurry cair dan komposisi media tanam terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Frekuensi penyiraman Bio-slurry cair 9 hari sekali sudah memberiikan pertumbuhan bibit kelapa sawit yang baik di pre nursery yang baik. Komposisi media tanam tanah regosol tanpa pupuk kandang memberi pengaruh yang lebih baik terhadap berat kering akar bibit kelapa sawit di pre nursery. Komposisi media tanam tanah regosol tanpa pupuk kandang ayam sudah memberikan pertumbuhan bibit kelapa sawit yang baik di pre nursery.

Kata kunci: kelapa sawit, bibit, frekuensi penyiraman Bio-slurry cair, pupuk kandang aya

LOADING LIST...
kokopriadi1997aslijawa@gmail.com
KOKO PRIADI - Personal Name
Ir. Ni Made Titiaryanti,M.P (P) - Personal Name
Ir.Sri Manu Rochmiyati, M.Sc - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...