Ir. Ni Made Titi Aryanti, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

UJI EFEKTIVITAS LIMBAH PADAT PUPUK ORGANIK CAIR ECENG GONDOK DAN PUPUK ROCK PHOSPAT TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ARABIKA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan bibit tanaman kopi arabika terhadap pemberian Limbah Padat Pupuk Organik Cair Eceng Gondok Dan Pupuk Rock Phospat Terhadap Pertumbuhan Bibit Kopi Arabika. Penelitian ini dilaksanakan di di KP2 Institut Pertanian Stiper yang terletak di desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan Oktober 2020 sampai bulan Januari 2021.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah dosis kompos eceng gondok terdiri dari 4 aras yaitu ; E0: dosis 0 g, E1: dosis 156 g, E2: dosis 312 g dan E3: Dosis 624 g. Sedangkan faktor kedua adalah dosis pupuk rock phospat yang terdiri dari 3 aras yaitu ; R0: kontrol, R1: 62 g, dan R2: 75 g. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan sidik ragam (Anova) pada jenjang nyata 5%. Apabila terdapat berpengaruh nyata, dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara limbah padat pupuk organik cair eceng gondok dan pupuk rock phospat terhadap pertumbuhan bibit kopi arabika. pemberian limbah padat pupuk organik cair eceng gondok pada berbagai perlakuan memberikan pengaruh sama baiknya terhadap pertumbuhan bibit kopi arabika. Pemberian dosis limbah padat poc eceng gondok 312 g/ bibit lebih efesien dibandingkan dengan dosis 156 g dan 624. Pupuk rock phospat dengan dosis 62g dan 75g memberi pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kopi arabika.

LOADING LIST...
anasdiki120@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
YOGAKARTA
LOADING LIST...