Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERBANDINGAN POPULASI KUMBANG PENYERBUK Elaeidobius kamerunicus DI BERBAGAI UMUR TANAMAN KELAPA SAWIT


Penelitian ini bertujuan untuk (i) mempelajari populasi Elaeidobius kamerunicus pada bunga jantan diberbagai umur tanaman kelapa sawit, (ii) mengkaji hubungan umur tanaman dengan banyaknya kunjungan Elaeidobius kamerunicus pada bunga jantan kelapa sawit, dan (iii) mengkaji hubungan jumlah populasi serangga penyerbuk Elaeidobius kamerunicus terhadap produksi TBS daan BJR. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Meliau Hilir, Kabupaten Sanggau Kapuas, Provinsi Kalimantan Barat.
Metode ini menggunakan pengambilan data sampel. Selanjutnya akan mengambil data primer yaitu data yang diambil langsung dari lapangan selama penelitian, dilaksanakan pada saat menyesuaikan waktu dan keadaan setempat. Dari penelitian yang akan diambil daerah yang terdapat bunga dan mengambilan titik sampel untuk mewakili masing-masing pada tiap 1 blok untuk di amati. Menentukan sampel berdasarkan daerah yang terdapat bunga jantan yang telah memasuki masa anthesis dan mengambil titik sampel untuk mewakili masing-masing umur tanaman pada TM muda, TM remaja, TM dewasa, dan TM tua pada tiap 1 blok untuk di amati dari masing-masing sampel tiap umur tanaman sebanyak 3 pokok sampel yang akan diamati.
Dari hasil penelitian yang didapat populasi E. kamerunicus terbanyak didapat pada TM tua dengan jumlah kumbang E. kamerunicus 419.424 per hektar. Umur tanaman memberikan pengaruh terhadap jumlah kumbang E. kamerunicus. Semakin tua umur tanaman menyebabkan populasi E. kamerunicus semakin meningkat. Jumlah populasi E. kamerunicus memberikan pengaruh terhadap produksi sebesar 54,3 %.

LOADING LIST...
yudakinantan17@gmail.com
Ir. Ety Rosa Setyawati, M.Sc - Personal Name
Yuda Kinantan - Personal Name
Betti Yuniasih, S.Si., M.Sc - p - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...