Ir. Ni Made Titiaryani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PERBANDINGAN ARANG SEKAM PADI SEBAGAI CAMPURAN MEDIA TANAM DAN DOSIS NPK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan berbagai perbandingan arang sekam padi sebagai campuran media tanam dan berbagai dosis pupuk NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Februari sampai bulan Mei 2020.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu komposisi perbandingan regosol dan arang sekam padi yang terdiri atas 4 aras yaitu : kontrol (tanpa arang sekam padi), regosol arang sekam padi (1:1), regosol arang sekam padi (1:2), regosol arang sekam padi (1:3). Sedangkan faktor kedua adalah dosis NPK yang terdiri atas 4 aras yaitu : 1 g; 1,5 g; 2 g dan 2,5 g. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 16 kombinasi. Masing-masing perlakuan dilakukan 4 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 4 x 4 = 16 x 4 = 64 bibit. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis of variance (Anova) pada jenjang 5%. Jika ada perbedaan nyata dalam perlakuan diuji lanjut dengan DMRT pada jenjang 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terjadi interaksi nyata antara perbandingan arang sekam padi sebagai campuran media tanam dan dosis NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) di pre nursery . Perbandingan arang sekam padi sebagai campuran media tanam berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, media tanam yang terbaik adalah media tanam 1:1 (regosol:arang sekam padi). Berbagai dosis NPK berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, dosis NPK yang terbaik adalah dosis 1,5 g/tanaman.

LOADING LIST...
dwikyraditya21@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...