Thalia Dwisari Nastiti; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STRATEGI PENGEMBANGAN DIVERSIFIKASI PENGOLAHAN PANGAN DENGAN BAHAN BAKU PRODUK PERTANIAN LOKAL DI KABUPATEN BANTUL


Produk olahan pangan lokal di Kabupaten Bantul berpotensi untuk dapat dipromosikan. Jika potensi tersebut dikembangkan maka diharapkan dapat meningkatkan usaha ekonomi produktif dan sektor pertanian yang menjadi pendukung penyedia bahan baku produksi olahan pangan akan ikut terkena imbas positif, sehingga perlu dilakukan upaya untuk menyusun strategi pengembangan terkait diversifikasi pengolahan pangan dan bahan pertanian lokal.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan : 1) Mengidentifikasi keragaman produk olahan pangan lokal berdasarkan bahan bakunya yang ada di Kabupaten Bantul; 2) Mengetahui strategi pengembangan diversifikasi pengolahan pangan dengan bahan baku produk pertanian lokal di Kabupaten Bantul. Sampel yang digunakan sebanyak 17 pelaku industri pengolahan pangan lokal, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Produk olahan pangan lokal yang teridentifikasi beragam berdasarkan bahan bakunya yaitu singkong, beras ketan, dan kacang tanah. Produk olahan pangan lokal yang teridentifikasi kurang beragam berdasarkan bahan bakunya yaitu, kacang koro, kedelai, bayam, ubi, beras, pisang, jagung, talas, mlinjo, kelapa, kacang canguk, dan mete; 2) Strategi pengembangan dipengaruhi oleh pelaku industri olahan pangan lokal itu sendiri dan dengan dukungan dari pemerintah dalam mengembangkan diversifikasi pengolahan pangan dan bahan pertanian lokal. Fakta menunjukkan produk olahan pangan lokal memiliki preferensi yang masih cukup rendah terutama oleh konsumen lokal, produk olahan pangan lokal hanya sebagai pangan selingan pada saat - saat tertentu, jumlah produksi hasil olahan pangan lokal berdasarkan bahan bakunya masih banyak yang teridentifikasi kurang beragam, dan promosi produk pangan lokal yang masih terbatas, sehingga fokus dan orientasi strategi pengembangan pada produksi dan pemasarannya.
LOADING LIST...
thaliadwisari2@gmail.com
NONE
Text
2021
yogyakarta
LOADING LIST...