Fitri Kurniawati, SP., MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

(Riski; tidak ada halaman) KINERJA KARYAWAN PANEN DI PT. TEBO PLASMA INTI LESTARI DI DESA KANDANG KECAMATAN TEBO TENGAH KABUPATEN TEBO JAMBI


Kinerja bisa diartikan sebagai penampilan, unjuk kerja ataupun prestasi dan dalam arti luas kinerja ialah jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan dari organisasi yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui kinerja karyawan berdasarkan kualitas dan kuantitas, sistem panen yang diterapkan dan pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan panen. Penelitian ini dilaksanakan di kebun PT. Tebo Plasma Inti Lestari di Desa Kandang Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo Jambi dimulai dari tanggal 11 November 2020 sampai 24 November 2020.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memakai jenis non random sampel yakni sampel jenuh (Sensus). Pengambilan dan pengumpulan data menggunakan 4 Tekhnik yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner. Kinerja karyawan panen dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu sistem panen dan lingkungan kerja. Sistem panen yang diterapkan di perkebunan ini ialah sistem panen ancak giring (Bomber) dan Tetap. Sistem panen ancak giring menggunakan 1 mandor panen dengan jumlah pemanen 15-20 orang sesuai dengan kebutuhan mandor dengan basis panen 1 ton (88 TBS). Sistem ini menggunakan 6 hari kerja. Sistem panen kedua ialah sistem panen tetap menggunakan 2 mandor panen dengan jumlah pemanen 30 orang (Termasuk istri jika sudah berkeluarga) dengan basis panen 1 ton. Sistem ini menggunakan 3 hari kerja yaitu hari rabu, kamis dan jumat dalam seminggu. Faktor kedua ialah lingkungan kerja, baik fisik ataupun non fisik. Lingkungan fisik berupa keadaan ancak yang semak, pohon yang tidak rutin ditunas dan tidak adanya pasar pikul. Sedangkan lingkungan non fisik berupa pemberian penghargaan kepada karyawan dan pemberian premi.
Hasil penelitian menunjukkan kedua sistem panen memiliki kelemahan dan kelebihannya masing-masing namun sistem panen ancak giring lebih efisien diterapkan agar rotasi panen berjalan sesuai dengan hektaran dan pemberian premi serta keadaan ancak yang tertata rapi dapat berpengaruh baik kepada pemanen.
LOADING LIST...
leonardussitorus985@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...