IR. NI MADE TITIARYANTI, MP (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM MEDIA TANAM DAN MACAM PUPUK NPK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH KERITING (Capsicum annum L.)


INTISARI
Penurunan hasil produksi cabai merah keriting terus menurun dikarenakan menurun nya luas lahan yang dapat di tanaman para petani cabai. Penggunaan media tanam berbahan dasar organik atau press block medium standart di harapkan dapat menjadi solusi keterbatasan lahan dan dampak negatif terhadap lingkungan dan sekaligus menjadi media tanam yang baik sehingga dapat menunjang potensi produksi tanaman cabai merah keriting varietas unggul.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak nya interaksi macam media tanam dengan macam pupuk NPK terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai dan mengetahui media tanam dan pupuk NPK yang paling baik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode percobaan dengan rancangan factorial yang disusun dengan rancangan acak lengkap terdiri dari dua factor. Faktor 1 yaitu, macam media tanam: Press Block Medium Standart, tanah latosol + arang sekam dan tanah latosol + arang sekam + pupuk kandang. Faktor 2 yaitu, macam pupuk NPK: Mutiara, Phonska dan pupuk compound (N, P dan K). Sehingga diperoleh 9 kombinasi, setiap kombinasi perlakuan dengan 5 ulangan, sehingga diperoleh 9 x 5 = 45 satuan percobaan.
Hasil penelitian menunjukan tidak terjadi intersksi antara perlakuan macam media tanam dan macam pupuk NPK terhadap seluruh parameter pengamatan. Perlakuan macam media tanam tanah latosol + arang sekam + pupuk kandang berpengaruh nyata pada pertumbuhan dan produksi memberikan hasil lebih baik pada tanaman cabai. Perlakuan macam pupuk NPK compound berpengaruh tidak nyata pada pertumbuhan dan produksi memberikan hasil yang sama baik nya pada tanaman cabai merah keriting.
Kata Kunci: Media Tanam, Pupuk NPK, Cabai.
LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...