Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KOMPOSISI GULMA DI KEBUN RAKYAT KELAPA SAWIT TBM DAN TM DESA BONO TAPUNG KEC. TANDUN KAB. ROKAN HULU PROV. RIAU


Dalam upaya meningkatkan produktivitas kelapa sawit diperlukan usaha pemeliharaan tanaman secara intensif. Gulma merupakan salah satu kompetitor dalam penyerapan unsur hara, air, cahaya terhadap kelapa sawit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gulma yang tumbuh dan komposisi serta jenis gulma dominan yang tumbuh di perkebunan kelapa sawit pada lahan (TBM) dan lahan (TM) dan menentukan saran pengendalian.
Penelitian dilaksanakan di Kebun rakyat di Desa Bono Tapung, Kec. Tandun, Kab. Rokan Hulu, Prov. Riau. Penelitian yang menggunakan metode survey gulma dengan pengamatan langsung di lapangan untuk mengumpulkan data dengan melalui analisis vegetasi dengan metode kuadrat. Pengambilan sempel dilakukan di dua tempat yaitu di perkebunan kelapa sawit pada lahan (TBM) dan lahan (TM).
Dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa terdapat 7 jenis gulma yang tumbuh pada lahan (TBM) dan 8 jenis gulma yang tumbuh di lahan (TM), total terdapat 12 jenis gulma yang teridentifikasi dan 3 jenis gulma di antaranya tumbuh pada kedua areal tersebut. Komunitas gulma di areal lahan (TBM) dan lahan (TM) kelapa sawit tidak seragam. Kelompok jenis gulma dominan baik dikebun TBM dan TM didominasi oleh gulma tahunan, sedangkan berdasarkan morfologinya didominasi oleh gulma jenis daun lebar. Berdasarkan nilai koefisien komunitas gulma kurang dari 75%, komposisi gulma antara kebun TBM dan TM berbeda.

Kata kunci: Kelapa sawit, TBM, TM, komposisi gulma.

LOADING LIST...
wahyu03748@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...