Ir. Harsunu Purwoto, M.Eng (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS NERACA AIR LAHAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS TEBU (Saccharum officinarum L.) DI YOGYAKARTA


Komponen iklim pada lahan perkebunan tebu merupakan faktor terpenting yang mempengaruhi produksi gula. Komponen iklim memiliki peranan penting seperti curah hujan, suhu karena berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan air yang diperlukan tanaman agar tidak mengalami kekurangan air, hal ini menyebabkan pertumbuhan tanaman akan terhambat dan produksi menjadi tidak optimal. Produksi tebu yang tinggi dapat diusahakan dengan cara tanaman mendapatkan air yang cukup menurut kebutuhan fase pertumbuhannya. Neraca air merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengetahui kecukupan air pada suatu tanaman. Neraca air bermanfaat dalam menentukan kebutuhan air irigasi, pemanfaatan curah hujan melalui pembuatan embung, dan mempertimbangkan kesesuaian lahan yang tepat.
Tujuan dari penelitian ini yaitu, mengkaji pengaruh probabilitas terjadinya hujan dan tidak terjadi hujan terhadap kebutuhan air tanaman tebu, memprediksi pola curah hujan bulanan periode 2021-2025 menggunakan metode Thomas-Fiering, dan menentukan kebutuhan air tanaman tebu berdasarkan ketersediaan air hujan. Metode penelitian ini meliputi pengumpulan data iklim di Yogyakarta periode 2016-2020, pengujian konsistensi data curah hujan menggunakan metode RAPS, pembangkitan data menggunakan metode Thomas-Fiering, simulasi penggunaan air tanaman dengan menggunakan Cropwat 8.0, perhitungan neraca air menggunakan metode Thornwaite-Matter.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan neraca air bulanan pada lokasi penelitian yang mewakili gambaran ketersediaan air di wilayah Yogyakarta. Kebutuhan air tanaman tebu adalah 1323,2 mm. Total hujan selama setahun sebesar 4741,14 mm, dipergunakan untuk keperluan evapotranspirasi aktual (ETA) sebesar 1009 mm, sehingga terjadi defisit air sebesar 0 mm/tahun dan surplus 5062,9 mm/tahun. Terdapat hubungan nilai antara curah hujan (P) dengan evapotranspirasi potensial (ETP).

LOADING LIST...
ivatriw@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...