Istiti Purwandari, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Peran Penyuluh Terhadap Pemberdayaan Petani Kopi Di Desa Genggelang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara NTB


Penelitian dengan judul Peran Penyuluh Terhadap Pemberdyaan Petani Kopi di Desa Ganggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, NTB ini bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh dalam pemberdayaan petani kopi yang ada di Desa Genggelang, yang diukur dari peran penyuluh sebagai komuikator, fasilitator, konsultan dan inovas, serta untuk mengetahui apa saja hambatan yang dialami penyuluh dalam pemberdayakan petani kopi di Desa Genggelang.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian misalnya perilaku, presepsi, motivasi, tindakan dan lain – lain secara holistic dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata – kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Metode penentuan lokasi penelitian ini adalah metode Purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara sengaja dengan mengampil tempat penelitian di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Metode penentuan pada penelitian ini menggunakan metode sensus, serta metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara pencatatan dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menujnukkan bahwa Penyuluh berperan tinggi sebagai komunikator, fasilitator, konsultan dan inovasi dalam pemberdayaan petani kopi yang ada di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara NTB. Serta kendala penyuluh dalam penyuluhan kondisi iklim yang tidak menentu, kesadaran petani dalam menerapkan teknologi pertanian, kekurangan media penyuluh/ alat prasarana, PPL spesifik belum ada, dukungan Pemerintah Desa masih kurang.

LOADING LIST...
dendaresthayu@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...