Dr. Achmad Himawan, S.Si, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI CENDAWAN ENTOMOPATOGEN Cordyceps militaris PADA HAMA ULAT API (Setothosea asigna) DI PERKEBUNAN SATYA KISMA USAHA UNIT BATANG GADING MUARA BUNGO JAMBI


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media terbaik untuk perbanyakan jamur C. militaris, untuk mengetahui efektivitas jamur entomopatogen C. militaris dalam mengendalikan ulat api (S. asigna) pada fase pupa serta untuk mengetahui dosis jamur entomopatogen C. militaris yang efektif untuk mengendalikan ulat api (S. asigna) pada fase pupa. Penelitian ini dilakukan di perkebunan PT. Satya Kisma Usaha Unit Batang Gading Kec. Tanah Tumbuh, Kab. Muara Bungo Provinsi Jambi. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Agustus-September 2020.
Rancangan penelitian ini menggunakan percobaan non faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 2 perlakuan yaitu M1 = Jagung dan M2 = Dedak, masing masing diulang sebanyak 5 kali. Untuk dosis jamur menggunakan rancangan yang sama yaitu RAL nonfaktorial dengan 5 perlakuan pada media dedak yaitu P0 = Kontrol (100 ml air/polybag) P1 = 10 g C. militaris +100 ml air/polybag, P2 = 20 g C. militaris + 100 ml air/polybag, P3 = 100 ml air + 30 g C. militaris/polybag, P4 = 40 g C. militaris + 100 ml air/polybag.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pupa S. asigna yang terinfeksi akan mengalami mumifikasi dan ditumbuhi koloni jamur bewarna putih di sekitar tubuh pupa. Media perbanyakan C. militaris yang terbaik adalah media dedak. C. militaris efektif untuk mengendalikan ulat api (S. asigna) pada fase pupa. Dosis C. militaris yang paling efektif adalah 40 g C. militaris + 100 ml air. Mortalitas pupa S. asigna tertinggi terdapat pada pengamatan hari ke-12 yaitu pada perlakuan P4 (100%) dan terendah pada perlakuan P1 yaitu sebesar 62,22%.
LOADING LIST...
budipurnamasmart001@gmail.com
Dr. Achmad Himawan, S.Si, M.Si - Personal Name
Ir. Samsuri Tarmadja, M.P - Personal Name
Budi Purnama - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...