Dr. Ir. Herry Wirianata, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMETAAN PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG DI KELAPA SAWIT PADA TANAH MINERAL, GAMBUT DAN PASIRAN DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tingkat keparahan serangan Ganoderma boninense di tanah mineral, gambut, dan pasiran dan membuat peta serangan Ganoderma pada tanah mineral, gambut dan pasiran di kebun kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di PT. Patiware , Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 1-20 September 2020.
Penelitian ini dilakukan pada 3 jenis tanah, dan tiap jenis tanah dilakukan pengambilan sampel sebanyak 3 blok sampel, dengan umur tanaman yang sama yaitu 13 tahun (TM Remaja) dan varietas tanaman yang sama. Sensus dilakukan pada seluruh tanaman pada masing-masing blok sampel. Setelah itu diambil titik kordinat tiap tanaman menggunakan GPS, diamati pokok tersebut terserang G. boninense atau tidak, jika terserang masuk dalam kategori tingkat keparahan serangan ringan, serangan sedang, serangan berat atau tenaman mati. Kemudian data diolah menggunakan ArcGIS 10.3, dengan menggunakan interpolasi IDW, kemudian dianalisis pola sebarannya.
Hasil penelitian menunjukkan pada tanah mineral, gambut dan pasiran terdapat tingkat keparahan yang berbeda, dengan tingkat keparahan yang tertinggi terdapat pada tanah pasiran dan yang terendah pada tanah gambut. Pola sebaran yang berbeda pada pasiran dan mineral mengelompok sedangkan gambut acak, yang diakibatkan terdapat banyak tunggul-tunggul bekas tanaman yang sudah membusuk yang menjadi sumber inokulum G. boninense.
Kata Kunci : Ganoderma, peta, gambut, mineral, pasiran
LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...