Dr. Achmad Himawan, S.Si., M. Si.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KOMPOS TANDAN.KOSONG KELAPA SAWIT DAN DOSIS PEMBERIAN MVA (Mikoriza Vesikula Arbuskula) TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY


Riset ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memahami pengaruh aplikasi Mikoriza dan pemanfaatan produk samping berupa TKKS (tandan kosong kelapa sawit), mengenai pertumbuhan bibit kelapa sawit pada pembibitan khususnya pre-nursery. Riset ini dikerjakan di Maguwoharjo, kecamatan Depok, kabupaten Sleman, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada bulan Februari 2020 hingga bulan Mei 2020.
Rancangan Acak Lengkap (RAL) adalah metode yang diterapkan pada riset ini, dan terdiri dari dua variabel yaitu, pertama perbandingan volume TKKS (kompos tandan kosong kelapa sawit), yang memiliki 3 aras yaitu kontrol (tanah+NPK), kompos tandan kosong dan tanah dengan perbandingan 1:1, dan kompos tandan kosong dan tanah dengan perbandingan 2:1. Variabel kedua merupakan aplikasi Mikoriza yang sama-sama memiliki 3 aras yaitu kontrol (0 gram), mikoriza 10 gram, dan mikoriza 20 gram. Kedua variabel menghasilkan 9 kombinasi, setiap perlakuan diulang sebanyak 7 ulangan. Hasil data riset dianalisis dengan sidik varian pada jenjang signifikan 5%. Apabila didapati varian yang berbeda antar perlakuan, maka akana dilakukan diuji lebih lanjut dengan Duncan Multiple Range Test (DMRT) 5%.
Data hasil riset yang diperoleh membuktikan tiadanya interaksi signifikan antar perlakuan perbandingan volume TKKS dan aplikasi Mikoriza, terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pada pembibitan pre-nursery. Aplikasi kompos TKKS dapat mengimbangi peran pupuk NPK. Perbandingan volume TKKS dan tanah dengan perbandingan 1:1 sudah dapat mengoptimalkan tumbuh kembang bibit kelapa sawit. Aplikasi dosis Mikoriza dengan konsentrasi 10 gram menghasilkan efek yang optimal bagi pertumbuhan bibit kelapa sawit di pembibitan pre-nursery.
LOADING LIST...
thiaswidiantoro1999@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
YOGYAKRTA
LOADING LIST...