Fitri Kurniawati, SP., MP. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS KONDISI SOSIAL EKONOMI PETANI KELAPA SAWIT DI DESA SILULU KECAMATAN GUNUNG MALELA KABUPATEN SIMALUNGUN


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi sosial dan ekonomi petani kelapa sawit di Desa Silulu Kecamatan Gunung Malela Kabupaten Simalungun. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei-Juni 2020.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive sampling dan metode penentuan sampel menggunakan metode snowball sampling. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara. Dengan jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang petani kelapa sawit.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi sosial petani kelapa sawit di Desa Silulu dari segi pendidikan yaitu SMA yang sudah tercapai standar wajib pendidikan Indonesia 12 tahun, dari segi usia yang masih tergolong usia-usia produktif, serta tanggungan keluarga yang tidak terlalu besar, walaupun petani tidak memiliki keterlibatan di masyarakat hanya sebagai masyarakat biasa. Kondisi ekonomi petani dari segi kepemilikan luas lahan yang tergolong sedang yaitu 2-3 ha, serta pendapatan yang cukup tinggi, baik dari usaha tani kelapa sawit ataupun dari luar usaha taninnya. Dari pendapatan usaha tani, sudah lebih tinggi jika dibandingkan dengan tingkat UMR di daerah tersebut. Walaupun dilihat dari segi pengeluaran, masih tergolong cukup rendah karena proporsi biaya pengeluaran kebutuhan pokok masih lebih besar ketimbang biaya pengeluaran kebutuhan non pokok. Petani juga sudah memliki sejumlah barang-barang berharga secara permanen seperti rumah, kendaraan, ternak, dan barang elektronik.
LOADING LIST...
damanikfathoni@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...