ir. Tri nugraha Budi Santosa, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN KOPI ARABIKA DI DESA KWADUNGAN GUNUNG, KECAMATAN KLEDUNG, KABUPATEN TEMANGGUNG, JAWA TENGAH


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi pengembangan kopi arabika di Desa Kwadungan Gunung, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Penelitian dilakukan pada bulan Juli - Agustus 2020. Metode penelitian dengan cara mengumpulkan data primer dan data sekunder, data primer diperoleh dari petani melalui wawancara langsung dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan terlebih dahulu, serta melakukan survei secara langsung ke kebun kopi arabika. Sedangkan data-data sekunder diperoleh dari dinas perkebunan dan dari dinas-dinas terkait berkaitan dengan produktivitas dan jumlah populasi petani kopi.
Data primer terdiri dari data data umur petani, data pendidikan petani, data umur tanaman, data jarak tanam, data pola/sistem pangkasan, data varietas, data jenis tanah, data asal bibit kopi arabika, data topografi, Jenis pupuk dan Hama dan penyakit. Data sekunder data curah hujan, hari hujan 10 tahun terakhir dan data produksi kopi arabika selama 10 tahun terakhir dan data peta desa/monografi desa.
Hasil penelitian menunjukan ada beberapa faktor untuk mengembangkan kopi arabika. Faktor pendukung pengembangan potensi kopi arabika di Desa Kwadungan Gunung meliputi : umur petani, jenis pupuk, jenis varietas, aplikasi pemupukan, dosis pupuk, penyuluhan, distribusi dekat, topografi lahan, jenis tanah dan faktor lingkungan. Faktor penghambat pengembangan potensi kopi arabika di Desa Kwadungan Gunung meliputi : Pendidikan rendah, asal bibit, pola tanam, jumlah tanaman, pengendalian OPT, sarana produksi dan pemangkasan tanaman kopi arabika. Dengan memperbaiki faktor penghambat pengembangan kopi arabika, maka akan meningkatkan produktivitas kopi arabika dan meningkatkan ekonomi petani.

Kata Kunci : Kopi, Arabika, Potensi, Temanggung.

LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...