Fitri Kurniawati, S.P., M.P; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kepuasan Petani Plasma Kelapa Sawit Terhadap Implemntasi Kemitraan Di. PT. Lonsum, Kabupeten Lahat Provinsi Sumatera Selatan


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan petani plasma kelapa sawit terhadap implemtasi kemitraan di PT. Lonsum. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara purposive (sengaja). Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2020. Data primer di dapatkan secara langsung melalui kuuesioner yang di berikan kepada para petani kelapa sawit yang bermitra dengan perusahaan secara langsung dan data sekuder di dapat dari BPS (badan pusat stastiktik) dan penelitian terdahulu. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling dengan sampel sebanyak 30 responden. Untuk mengetahui tingkat kepuasan petani mengunakan skala likert. faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan di analisis menggunakan Regresi Linier Berganda. Berdasarkan hasil penelitian saya dapat disimpulkan bahwa implemtasi kemitraan yang di terapkan oleh PT. Lonsum bekerjasama dengan petani mengunakan pola inti plasma dengan program KKPA. Dalam implementasi petani menunjukan bahwa tidak puas tehadap pelayanan yang di berikan oleh perusahan. Pembagian keuntungan yang diperoleh petani dengan perusahaan inti dari hasil TBS akan diberlakukan pemotongan sebesar 30% untuk membayar bunga dan hutang pokok.
Pembagian keuntungan yang diperoleh petani dengan perusahaan inti dari hasil TBS akan diberlakukan pemotongan sebesar 30% untuk membayar bunga dan hutang pokok. Dari hasil pengujian atribut pada tingkat kepuasan petani plasma kelapa sawit tehadap implementasi kemitraan dapat disimpulkan bahwa rata-rata petani tidak puas yaitu sebesar 68%, dan rata-rata cukup puas dengan persentase 32%. Varibel umur petani, pengalaman bermitra, luas lahan, umur tanaman, jumlah pokok dan pendidikan petani tidak berpengaruh secara nyata terhadap kepuasaan petani terhadap implementasi program kemitraan.


Kata kunci: Implementasi, Kepuasan Petani, Petani Plasma.

LOADING LIST...
ratihgustriana.bwj@gmail.com
Fitri Kurniawati, S.P., M.P - Personal Name
Ratih Gustriana - Personal Name
Dr. Ismiasih, M.TP., M.Sc (P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2021
LOADING LIST...