Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS PUPUK HIJAU TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh macam dan dosis pupuk hijau terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di lahan pertanian milik masyarakat di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Mei sampai Juli 2020.
Penelitian menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah berbagai macam pupuk hijau yang terdiri dari 3 aras yaitu : Pupuk hijau Azolla, pupuk hijau Kirinyuh, pupuk hijau Eceng Gondok. Faktor kedua pemberian dosis pupuk hijau terdiri dari 4 aras yaitu : 0 g + pupuk anorganik (kontrol), 50 g/polybag, 100 g/polybag, 150 g/polybag.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara macam dan dosis pupuk hijau terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Macam pupuk hijau memberikan pertumbuhan yang sama pada bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian dosis pupuk hijau dan pupuk kimia memberikan pertumbuhan yang sama pada bibit kelapa sawit di pre nursery. Dosis pupuk hijau 50 g/polybag sudah dapat menggantikan pupuk kimia.

Kata kunci : Dosis, Pupuk Hijau Azolla, Pupuk Hijau Kirinyuh, Pupuk Hijau Eceng gondok, pre nursery

LOADING LIST...
chostasandewa@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...