NIKI AYU ANDARINI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS SEKTOR EKONOMI UNGGULAN DI KOTA PEMATANGSIANTAR DENGAN PENDEKATAN DYNAMIC LOCATION QUOTIENT (DLQ) DAN SHIFT SHARE


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui besar kontribusi setiap sektor ekonomi terhadap pendapatan daerah Kota Pematangsiantar, mengetahui kinerja tiap sektor ekonomi terhadap perekonomian Kota Pematangsiantar dan mengetahui sektor basis yang juga merupakan sektor unggulan dan sektor non basis di Kota Pematangsiantar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptip. Penelitian ini akan dilaksanakan di Kota Pematangsiantar Provinsi Sumatera Utara.Penelitian ini menggunakan data sekunder dalam bentuk runtun waktu atau time series selama 7 tahun dari tahun 2013-2019 yang terdiri dari 3 kelompok data, yaitu: data Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Pematangsiantar tahun 2013-2019 menurut Lapangan Usaha atas Dasar Harga Konstan (ADHK) 2010, data Produk Domestik Bruto (PDB) Provinsi Sumatera Utara tahun 2013-2019 menurut Lapangan Usaha atas Dasar Harga Konstan (ADHK) 2010 dan data Laju Pertumbuhan PDRB atas Dasar Harga Konstan 2010 menurut Lapangan Usaha 2010-2018.
Dalam grafik pendapatan dari tiap sektor, mayoritas mengalami kenaikan, kecuali pada sektor Pertambangan dan Penggalian yang turun pada tahun 2017-2018. Sektor Pengadaan Listrik dan Gas juga mengalami penurunan dari tahun 2013-2016, kemudian naik secara berurutan sampai tahun 2019. Dan yang terakhir ada sektor Pengadaan Air, Pengolahan Sampah, Limbah dan Daur Ulang yang turun pada tahun akhir penelitian, yaitu tahun 2019. Hasil DLQ dapat diketahui sektor ekonomi yang masih dapat diharapkan menjadi sektor unggulan di masa yang akan datang berdasarkan nilai DLQ yang paling tinggi ada 12 sektor. Dan berdasarkan hasil penilitian shift share, sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan memiliki kinerja paling buruk dengan posisi relatif berada pada TIPE IV, yaitu terbelakang.
LOADING LIST...
nikiayuandarini99@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...