Arum Ambarsari, SP, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Pendapatan Usahatani Pepaya California (Studi Kasus: Desa Pulau Tagor Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara)


Desa Pulau Tagor merupakan salah satu desa di Provinsi Sumatera Utara yang mempunyai potensi untuk budidaya pepaya California. Namun, pemerintah belum ikut andil untuk membimbing dan memfasilitasi petani pepaya di Desa Pulau Tagor untuk mengembangkan usahatani pepaya California. Pada penelitian tujuan dilakukan penelitian adalah untuk mengetahui produksi, biaya, pendapatan dan kelayakan usahatani pepaya California di Desa Pulau Tagor Kecamatan Serba Jadi Kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan responden petani pepaya California yang dilakukan di Desa Pulau Togar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan pencatatan analisis yang digunakan yaitu analisis pendapatan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan usahatani sebesar Rp. 4.909.106,67/usahatani dan pendapatan per hektar sebesar Rp. 27.892.651,52/bulan, sedangkan biaya rata-rata yang dikeluarkan adalah sebesar Rp. 1.693.293,33/usahatani dan biaya yang dikeluarkan per hektare sebesar Rp. 9.620.984,85/bulan. Dilihat dari analisis R/C Rasio didapatkan petani pepaya dalam satu bulan adalah sebesar Rp. 3,90 atau dengan kata lain petani akan mendapatkan Rp. 3,90 untuk setiap 1 rupiah pengeluaran petani. Berdasarkan hal tersebut dapat diketahui bahwa usahatani pepaya California di Desa Pulau Tagor layak untuk diusahakan karena memiliki nilai R/C Rasio lebih besar dari satu.

LOADING LIST...
bolqiah310899@gmail.com
Arum Ambarsari, SP, MP - Personal Name
Ir. Listiyani, MP (P) - Personal Name
Ahmad Nasrun Bolqiah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...