Arum Ambarsari, SP.,MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KONDISI SOSIAL EKONOMI PETANI PADI DI DESA MARGOAGUNG KECAMATAN SEYEGAN KABUPATEN SLEMAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial petani padi dimana aspek sosial yang di teliti yaitu tingkat pendidikan, usia, kondisi fisik bangunan, dan jenis tempat tinggal. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kondisi ekonomi petani padi dimana aspek ekonomi yang di teliti yaitu pendapatan, jumlah tanggungan keluarga, kepemilikan lahan, luas lahan, dan pendapatan yang diterima dari anggota keluarga yang lain.
Metode penelitian yang digunakan untuk memberikan, menggambarkan, menguraikan dan menjelaskan fenomena objek penelitian. Metode penentuan lokasi dilakukan secara purposive atau dilakukan secara sengaja. Metode penentuan sampel menggunakan metode snow ball. Penelitian ini menggunakan petani padi sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan sosial petani 1. Mempunyai pendidikan yang ditempuh oleh petani masih tergolong rendah. 2. Kondisi rumah petani memiliki rumah sendiri dan memiliki bangunan fisik rumah permanen serta masih ada yang berfisik kayu. 3. Usia petani paling banyak berusia 61-70 tahun dan sudah tidak produktif lagi. Keadaan untuk kondisi ekonomi petani 1. Pendapatan petani bergantung pada luas lahan dan anggota keluarga yang bekerja. 2. Biaya pengeluaran bahan pokok dipengaruhi oleh juml;ah tanggunan anggota keluarga petani. 3. Pendapatan dipengaruhi oleh luas lahan, kepemilikan lahan dan juga tenaga kerja yang digunakan.
Kata kunci : kondisi sosial ekonomi, petani padi.

LOADING LIST...
faizfadlu@gmail.com
Arum Ambarsari, SP.,MP - Personal Name
Faiz Fadhllurahman - Personal Name
Fitri Kurniawati SP.,MP (P) - Personal Name
NONE
Text
INSIPER
2021
Yogyarta
LOADING LIST...