Idum Satya Santi SP., MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN DIVERSITAS SERANGGA DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Peneletian ini bertujuan mengidentifikasi keanekaragaman serangga berserta perannya yang ditemukan di tiga vegetasi berbeda yakni vegetasi rendahan, dataran dan permukiman. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 06 – 21 Mei 2019 di PT. Indotruba tengah, Kab. Kotawaringin Barat Pada Kebun TM 2.
Metode yang digunakan adalah metode Scan Sampling yaitu mencatat data secara langsung setiap serangga pada waktu yang telah ditentukan. Serangga diidentifikasi menggunakan kunci determinasi, serangga yang sudah diidentifikasi selanjutnya dikelompokan berdasarkan tipe vegetasi dan dihitung keragamannya menggunakan indeks keanekaragaman Shannon – Wiener(Krebs, 1988)
Berdasarkan hasil dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa vegetasi dataran didominasi oleh tumbuhan Mucuna bracteata dengan serangga yang banyak ditemukan adalah ordo Diptera (fam : Dolichopodidae ; Muscidae) dan ordo Homoptera (fam: Cicadellidae). Vegetasi rendahan di dominasi oleh tumbuhan Ottochloa nodosa dengan serangga yang banyak ditemukan adalah ordo Diptera (fam : Culicidae) dan ordo Homoptera (fam : Cicadellidae). Vegetasi pemukiman didominasi oleh tumbuhan Mucuna bracteata dengan serangga yang banyak ditemukan adalah ordo Homoptera (fam : Cicadellidae), ordo Diptera (fam : Muscidae dan ordo Diptera (fam : Stratiomyidae).

LOADING LIST...
muhammad.arfan0823@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...