RAKA DAMARJATI FEBRIANTO; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS PENDAPATAN USAHA TANI SAWIT RAKYAT (Studi Kasus Di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan petani sawit Rakyat, dan mengetahui kendala petani dalam melakukan usaha tani. Metode dasar penelitiaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif melalui survey dan observasi, yaitu usahatani sawit rakyat yang berada di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2020. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan pencatatan analisis yang digunakan yaitu analisis pendapatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rata rata produksi buah petani sebesar 79.021 Kg/Usaha tani dengan luas lahan rata rata 5,4 Hektare, dan rata rata produksi /Hektare sebesar 14.633 Kg. Rata–rata pendapatan petani kelapa sawit di Desa Harapan Jaya sebesar Rp. 43.457.988/ usaha tani dan pendapatan /Hektare sebesar Rp. 8.047.776/Tahun, sedangkan biaya rata rata yang dikeluarkan adalah sebesar, Rp. 24.612.236/usaha tani dan biaya yang dikeluarkan /Hektare sebesar Rp.4.557.822/tahun,
Analisis R/C Rasio pada usaha tani kelapa sawit sebesar 2,77. artinya setiap biaya yang dikeluarkan sebesar satu satu rupiah Rp. 1, akan menghasilkan penerimaan sebesar . 2,77 sehingga usaha mendapatkan keuntungan.Kendala yang dihadapi petani kelapa sawit dalam melakukan usaha tani di Desa Harapan Jaya adalah lahan yang digunakan petani dalam melakukan budidaya kelapa sawit adalah lahan gambut,kurang tersedianya sarana produksi, dan modal petani dalam bertani, karena tidak ada koperasi dan akses yang masih tergantung dengan air pasang surut.

LOADING LIST...
rakadamarjati08@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...