Dr. Dra. Yohana Theresia Maria Astuti, M.Si (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Aplikasi Pupuk Organik Cair (POC) Dan Media Tanam Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit Di Pre Nursery, penelitian ini dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini akan dilaksanakan dari bulan 25 Maret sampai 22 Juni 2020.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode percobaan faktorial yang terdiri atas 2 faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau CRD (Completely Randomized Design) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama aplikasi MOL limbah buah – buahan yang terdiri dari 4 aras yaitu ; PO : Kontrol, PI : 30 ML/Polybag, P2 : 50 ML/Polybag, dan P3 : 70 ML/Polybag. Sedangkan faktor kedua Media tanam terdiri dari 3 macam yaitu ; Tanah = Kontrol, Tanahh + Sekam Padi Bakar = 1 : 1, Tanah + Cocopeat = 1 : 1, dan Tanah + Batang Pohon Pisang = 1 : 1. Analisis data yang digunakan yaitu sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata antar perlakuan diuji lanjut dengan menggunakan DMRT ( Duncan Multiple Range Test ) pada jenjang nyata 5%. Parameter yang di amati adalah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, luas daun, panjang akar, jumlah akar, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar dan berat kering akar.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilaksanakan maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Kombinasi antara aplikasi POC dan media tanam cocopeat, sekam padi bakar serta batang pisang tidak saling berinteraksi dalam pengaruhnya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Aplikasi Pupuk Organik Cair (POC) berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery. Dosis 30 ml dan 50 ml menunjukkan pertumbuhan bibit kelapa sawit yang lebih baik dibandingkan dengan dosis 70 ml. Aplikasi cocopeat, sekam padi bakar dan batang pisang pada media tanam tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery.
Kata Kunci : Pupuk Organik Cair (POC) dan media taman.
LOADING LIST...
ronnypranataantonio0705@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...