Fitri Kurniawati,SP.,MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

IMPLEMENTASI SOP PANEN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI PT.KARYA HEVEA INDONESIA KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan SOP pada kegiatan panen di PT. Karya Hevea Indonesia yang dilakukan oleh karyawan. Pemilihan lokasi penelitian ini dilakukan secara purposive sampling.Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan september 2020. Responden adalah Karyawan panen dan juga jajaran Manajemen adalah Asisten dan Mandor panen sebagai pengawas pada saat kegiatan panen. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Metode ini dilakukan dengan cara mengamati kegiatan panen yang ada di PT.Karya Hevea Indonesia yang meliputi dari proses pemanenan hingga mengetahui hambatan atau kendala yang terjadi di PT.Karya Hevea Indonesia.
Hasil dari pelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan SOP Panen sudah baik pada pemahaman karyawan terhadap kriteria matang panen, pemotongan tangkai tandan bentuk V, tidak melakukan kesalahan pemotongan pelepah, pemotongan pelepah sengkleh dan penerapan SOP pada kegiatan panen kurang baik pada kedisiplinan karyawan dalam memakai APD dan pemotongan curi buah. Pengawasan yang dilakukan oleh tingkat manajemen adalah pengawasan dari kegiatan pemanenan sampai dengan kegitan pengangkutan TBS ke TPH berada di Peron sebelum di angkut ke PKS.

Kata Kunci: Penerapan, SOP, Panen TBS

LOADING LIST...
jenipurbasilangit@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...