M. ADI PUTRA FAJAR ISLAMI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

(Riski: Lembar Pengesahan tidak ada ttd pak Danang, Tidak dipilih publish dimana) KAJIAN PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT DIPERKEBUNAN RAKYAT DIPROVINSI JAMBI


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis kesiapan petani untuk program peremajaan kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan di Kec. Pelepat Ilir, Kab. Muaro bungo, Prov. Jambi. Penelitian dilakukan pada tanggal 10 Oktober 2020 – 2 November 2020. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menganalisis model replanting yang digunakan oleh petani kelapa sawit, Untuk menganalisis pertumbuhan dan perkembangan tanaman replanting, Untuk menganalisis biaya replanting yang dikeluarkan oleh petani kelapa sawit, Untuk menganalisis data karakter agronomi kelapa sawit.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekund, Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data primer dilakukan dengan wawancara langsung dengan petani menggunakan quisioner disiapkan dan pengamatan langsung. Data sekunder dilakukan dengan data karakter agronomi. Data karakter agronomi dan parameter yang diamati :Umur produktivitas tanaman kelapa sawit, Persiapan lahan, Penanaman LCC, Pemelaiharaan sawit : kastrasi, pemupukan, analisis tanah dan tanaman, pengelolaan HPT, pengelolaan air, dan jalan, Koperasi/UMKM, Data anggota KOP/UMKM, Kepemilikan lahan, Lahan sawit, Bibit sawit, Lubang tanam dan penanaman, Tumpang sari, Pemasaran hasil, Panen, Pemasaran, Administrasi, Dana koperasi.
Hasil penelitian menunjukan Model replanting yang digunakan oleh petani peserta PSR adalah Model Tanam Ulang Total (MTUT), Anggaran yang dibutuhkan petani sebesar Rp. 42.412.950 dari penanaman sampai dengan perawatan pada tahun ke- 3, sedangkan bantuan pemerintah hanya sebesar Rp 25.000.000/ha/petani atau selisih 41,05 % dari total biaya yang dibutuhkan, Umur bibit sawit yang ditanam adalah 10-12 bulan dan 14 bulan dengan persentase 80% dan 20%, dengan waktu penanaman yang berbeda yaitu bulan Februari,April,Mei,Juni,Juli,Agustus,September, Desember dengan persentase 4%,4%,12%, 28%,12%,8%,12%, dan 20%,.

LOADING LIST...
M. ADI PUTRA FAJAR ISLAMI - Personal Name
Ir. Sri Gunawan,MP(P) - Personal Name
Dr.Ir.Herry Wirianata,MS. - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...