Riko Indirwan; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH UMUR KELAPA SAWIT TERHADAP PERTUMBUHAN NEPHROLEPIS


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan Nephrolepis pada umur tahun tanam kelapa sawit yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di PT.Bumi Permai Lestari desa Dendang, kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap satu faktor dan juga dengan analisis one way anova dengan uji lanjut Post-Hoc LSD. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis uji LSD menunjukkan hasil bahwa pertumbuhan Nephrolepis pada umur tahun tanam kelapa sawit yang berbeda menunjukkan hasil yang sangat signifikan atau berbeda nyata dari setiap masing-masing perlakuan.
Pertumbuhan Nephrolepis yang tinggi terdapat pada tahun tanam 1991 dan pertumbuhan Nephrolepis yang rendah terdapat pada tahun tanam 2011. Kanopi atau tajuk pada kelapa sawit yang memiliki umur tahun tanam yang tinggi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan nephrolepis karena nephrolepis sangat tumbuh cepat pada kondisi dimana sinar matahari yang masuk sangat sedikit.

Kata kunci : Nephrolepis, umur tahun tanam

LOADING LIST...
rikoindirwan@gmail.com
Riko Indirwan - Personal Name
Dr.Ir.Herry Wirianata,MS -P - Personal Name
Dr. Sri Suryanti, SP.,MP - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGAKARTA
LOADING LIST...