Betti Yuniasih, S.Si., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN HUBUNGAN CURAH HUJAN TERHADAP PRODUKSI KELAPA SAWIT DI PT. MEGASAWINDO PERKASA


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan curah hujan dan defisit air terhadap produksi kelapa sawit. Curah hujan sangat berpengaruh terhadap kelapa sawit karena air yang berasal dari curah hujan digunakan oleh tanaman kelapa sawit sebagai bahan untuk fotosintesis dan sebagai pelarut unsur hara bagi tanaman kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Megasawindo Perkasa, Kecamatan Pelepat, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dan korelasi, korelasi digunakan untuk menganalisis hubungan curah hujan terhadap produksi kelapa sawit. Curah hujan yang rendah menurunkan produksi kelapa sawit dan curah hujan yang tinggi meningkatkan produksi kelapa sawit. Data yang digunakan pada analisis curah hujan terhadap produksi kelapa sawit selama 10 tahun terakhir (2010-2019).
Data hasil penelitian dianalisis dengan korelasi pada jenjang 5% dan dianalisi menggunakan analisis regresi untuk memprediksi produksi kelapa sawit kedepannya dengan melihat kondisi iklim saat ini. penelitian ini dianalisis hubungan curah hujan dan defisit air terhadap produksi pada tahun yang sama, hubungan curah hujan da terhadap produksi 1 tahun sesudahnya dan hubungan curah hujan dan defisit terhadap produksi 2 tahun sesudahnya.
Hasil analisis regresi dan korelasi menunjukan tidak adanya interaksi nyata antara curah hujan dan defisit air terhadap produksi kelapa sawit, dan hubungan curah hujan dan defisit air terhadap produksi kelapa sawit lemah.

Kata kunci: Curah Hujan, Kelapa Sawit, dan Air.

LOADING LIST...
ahmadalfarrizi@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...