DR. Y. TH. MARIA ASTUTI, M.SI (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS PUPUK ORGANIK DARI TUMBUHAN AIR TERHADAP PERTUMBUHAN KELAPA SAWIT DI PRE-NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi pengaruh dan macam pupuk organik dari tanaman azolla dan pupuk organik dari tanaman eceng gondok yang paling efektif dan efisien, mengetahui pengaruh dari berbagai macam jenis pupuk organik dari tanaman air terhadap pertumbuhan kelapa sawit dan mengetahui dosis terbaik dari pupuk organik terhadap pertumbuhan kelapa sawit.
Penilitian ini dilakukan pada bulan Februari – Mei 2020 di Desa Maguwoharjo dan Laboratorium Central, Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama yaitu macam jenis tanaman air yang terdiri dari 2 aras yaitu : M1 = Azolla sp, M2 = eceng gondok. Faktor kedua yaitu dosis pada pupuk organic
yang terdiri dari 4 aras yaitu : P0 = Kontrol, P1 = 100 g/polybag, P2 = 200 g/polybag, P3 = 300 g/polybag. Dari kedua perlakuan diatas diperoleh 2 x 4 kombinasi perlakuan dengan tiap-tiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali sehingga diperoleh 2x4x4 = 32 satuan percobaan. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam jenjang nyata 5% dan perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi yang nyata antara macam dan dosis pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery. Pada pupuk organik azolla dan pupuk organik eceng gondok memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery. Dengan menggunakan dosis 100 g sudah mampu untuk memberikan hasil yang cukup baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery.
LOADING LIST...
zikririasanugrah151098@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...