Hangger Gahara Mawandha, SP., M. Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Komposisi Gulma di Lahan Mineral dan Lahan Gambut Pada Perkebunan Kelapa Sawit Tanaman Menghasilkan (TM)


INTISARI
Penelitian bertujuan untuk mengetahui komoditas dan komposisi gulma yang terdapat pada lahan gambut dan lahan mineral, untuk mengetahui komunitas gulma pada lahan gambut dan lahan mineral, serta dominasi gulma yang ada pada lahan gambut dan lahan mineral. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Wanatirta, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah dimana PT. Mitrakarya Agroindo kebun Sulin Estate yang bergerak di Bidang Perkebunan Kelapa Sawit dan Pengolahan CPO berada penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2020.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan survey dan pengamatan terhadap jenis gulma yang tumbuh di perkebunan kelapa sawit tanaman menghasilankan (TM) pada lahan gambut dan lahan mineral. Metode analisis vegetasi yang digunakan adalah metode kuadrat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 10 jenis gulma yang tumbuh pada lahan mineral dan 7 jenis gulma yang tumbuh pada lahan gambut. Dari hasil analisis baik dilahan mineral maupun dilahan gambut tidak ditemukan dominasi, berdasarkan daur hidup gulma, baik di lahan mineral dan lahan gambut jenis gulma tahunan keberadaanya lebih banyak dari pada jenis gulma berdaur hidup semusim,
berdasarkan morfologi gulma, pada lahan mineral didominasi jenis gulma rumputan, sedangkan pada lahan gambut didominasi jenis gulma daun lebar, keseragaman komposisi jenis gulma yang menyusun vegetasi pada lahan mineral dan lahan gambut pada perkebunan kelapa sawit TM (Tanaman Menghasilkan) tidak seragam atau berbeda.

Kata kunci : Gulma, lahan mineral, lahan gambut, TM (tanaman menghasilkan)


LOADING LIST...
argofajarafrianto885@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGYAKARA
LOADING LIST...