Agus Hariyadi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS BIOSLURRY CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis Bioslurry cair terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2020 sampai Juni 2020, Jalan Tiara Citra, Krodan, Kec. Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta dan Laboratorium Sentral, Institut Pertanian Stiper, Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD) dengan faktor tunggal dengan dosis Bioslurry cair terdiri dari 8 aras yaitu: 50 ml, 60 ml, 70 ml, 80 ml, 90 ml, 100 ml, Bioslury padat 1:1, dan kontrol (NPK dan Urea). Setiap perlakuan dilakukan 6 kali ulangan sehingga jumlah bibit kelapa sawit keseluruhan adalah 48 bibit. Hasil penelitian dianalisis dengan emnggunakan metode Analisis Of Variance (ANOVA) pada jenjang nyata 5% dan untuk mengetahui beda nyata antara perlakuan di uji dengan Duncan’s Multiple Range Text (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pemberian berbagai dosis Bioslury cair dari 50 m/bibit sampai 100 ml/bibit memberikan pertumbuhan bibit kelapa sawit yang sama dengan Bioslury padat dan pupuk kimia sehingga Bioslurry cair dapat menggantikan pupuk kimia. Pemberian berbagai dosis Bioslury cair dari 50 m/bibit sampai 100 ml/bibit menghasilkan jumlah klorofil yang lebih baik dari pada pupuk kimia. Bioslurry cair dan padat dapat menggantikan pupuk kimia

LOADING LIST...
Agus Hariyadi - Personal Name
Pauliz Budi Hastuti (P) - Personal Name
Wiwin Dyah Ully Parwati - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
YOGAKARTA
LOADING LIST...