Ir. Retni Mardu Hartati, SU.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERIODE KRITIS SORGUM (Sorghum bicolor L.) Moench TERHADAP PERSAINGAN DENGAN GULMA


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui periode kritis dengan perlakuan periode penyiangan yang efektif dan tepat sasaran bagi pertumbuhan dan produksi tanaman sorgum. Penelittian ini dilakukan di jalan Kadirejo II, Purwotani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta 55571 yang dilaksanakan pada pada bulan April sampai bulan Juli 2020.
Penelitian ini dilakukan dengan percobaan faktor tunggal yang disusun dalam Rancangan Kelompok Lengkap Teracak (RKLT) atau Randomized Complete Block Design (RCBD) dengan 14 perlakuan dan 3 ulangan yaitu terdiri dari 6 perlakuan bebas gulma, 6 perlakuan bergulma, 2 perlakuan kontrol antara lain bebas gulma dari awal sampai akhir dan bergulma dari awal sampai akhir. Data hasil penelitian disidik dengan sidik ragam, apabila beda nyata maka dilanjutkan dengan DMRT jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan periode penyiangan gulma dan periode bergulma seiring dengan semakin lama bebas gulma maka semakin tinggi hasil tanaman dan semakin lama bergulma maka semakin rendah hasil tanaman. Periode kritis sorgum terhadap persaingan dengan gulma terjadi pada umur 40 HST. Dengan biomassa gulma yang dihasilkan pada umur 40 HST sebesar 28,56 g/m2.

LOADING LIST...
rizkysirait77@gmail.com
NONE
Text
INSIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...