Ir. Pauliz Budi Hastuti., M.P (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI MACAM BAHAN ORGANIK DAN LAMA PENGOMPOSAN PADA BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi macam bahan organik dan lama pengomposan pada bibit kelapa sawitpre nursery.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2020 di Wedomartani, Kecamatan Ngempak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metoda percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completely Randomized Design), yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama adalah bahan orga2nik yang terdiri dari 3 aras yaitu B1 = LCC Mucuna bracteata, B2 = Kirinyu Chromolaena odorata, B3 = Eceng gondok Eichornia crassipes. Selanjutnya faktor kedua adalah lama pengomposan yang terdiri dari 3 aras yaitu L0 = 0 minggu, L1 = 1 minggu, L2 = 2 minggu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa macam bahan organik memberikan pertumbuhan kelapa sawit di pre nursery yang sama kecuali pada panjang akar yang terbaik pada bahan organik Eichornia crassipes atau Mucuna bracteata. Lama pengomposan 1 minggu memberikan tinggi bibit yang tertinggi dan lebih baik dari pengomposan 0 minggu, tetapi tidak berbeda nyata dengan lama pengomposan 2 minggu pada parameter tinggi tanaman, diameter batang, berat segar tajuk, berat segar akar, dan berat kering akar. Tidak ada kombinasi yang baik antara macam bahan organik dan lama pengomposan pada pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery.

LOADING LIST...
edmul040599@gmail.com
Ir. Pauliz Budi Hastuti., M.P (P) - Personal Name
Arif Umami, S.Si., M.Sc - Personal Name
Edmul Muhardi - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...