Ir. Sri Manu Rochmiyati, M.Sc (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM DAN DOSIS BAHAN ORGANIK PADA MEDIA TANAH PASIR PANTAI TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery terhadap pemberian macam dan dosis bahan organik di tanah pasir pantai telah dilakukan di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta, terletak pada ketinggian 118 m.dpl., pada bulan Maret sampai Juli 2020.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang terdiri dari dua faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap. Faktor yang pertama adalah macam bahan organik yang terdiri dari 4 macam yaitu gambut, kompos limbah kotoran kambing, bioslurry padat, dan pupuk hijau. Faktor yang kedua adalah dosis bahan organik dengan perbandingan volume antara tanah dan bahan orgaik yaitu 1:1 (50%), 2:1 (33,3%), 3;1 (25%), dan 4:1 (20%). Selain itu terdapat 1 perlakuan kontrol yang diberi pupuk NPK dan urea dengan masing-masing dosis 4 g/bibit. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (analysis of variance). Perbedaan antar perlakuan diuji lanjut menggunakan Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%. Untuk membandingkan hasil rerata bahan organik dan pupuk NPK sebagai kontrol dianalisis dengan Contrast Orthogonal.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara pemberian bahan organik dan dosis bahan organik terhadap semua parameter pertumbuhan bibit. Pemberian bioslurry padat, kompos dan pupuk kandang memberikan pengaruh yang sama dan lebih baik dibandingkan dengan pupuk hijau terhadap pertumbuhan bibit pada tanah pasir pantai. Pemberian bahan organik dosis 25% memberikan pegaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan bibit. Pemberian bahan organik memberikan pengaruh yang sama dengan pupuk anorganik (NPK + Urea) terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

Kata kunci : Kelapa sawit, Pre Nursery, bahan organik, dosis bahan organik

LOADING LIST...
gitabagus66@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...