Erick Firmansyah,SP.M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BERBAGAI JENIS VEGETASI PENUTUP TANAH TERHADAP SIFAT FISIK TANAH PADA KEBUN KELAPA SAWIT DI KEBUN PT. TIDAR KERINCI AGUNG (SIAP GROUP) KABUPATEN MUARA BUNGO, PROVINSI JAMBI


INTISARI
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui sifat-sifat fisik tanah dibawah penutup tanah .untuk mengetahui sifat-sifat tanah dibawah penutup tanah yang berbeda .
Penelitian tanah dilakukan di perkebunan PT.Tidar Kerinci Agung (SIAP GROUP), desa Rantau Tipu, kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, kabupaten Muara Bungo, provinsi Jambi.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey yang terdiri dari 2 tahap survey pendahuluan dan survey utama. survey pendahuluan dilakukan untuk menentukan lokasi penelitian dan data sekunder .survey utama dilakukan untuk menentukan titik-titik pengambilan sampel tanah dan dan mengambil sampel tanah kemudian sampel tanah yang didapat di analisis dilaboratorium ilmu tanah BPTP Yogyakarta dan laboratorium ilmu tanah INSTIPER.Analisis laboratorium dilakukan mulai bulan September-November 2020 .hasil survey pendahuluan ditentukan blok untuk pengambilan Sampel tanah adalah Blok dengan sub tanah Mucuna Bracteata,Blok dengan penutup tanah pakisan,blok dengan tanpa penutup tanah.titik-titik sampel tanah diambil dengan sistem diagonal sehingga diperoleh 5 sampel titik yang 4 sudut blok dan 1 ditengah-tengah blok.sampel tanah di ambil pada kedalaman 0-20 cm dan 20-40 cm.Hasil pengambilan sampel tanah 0-20 cm dari ke 5 titik dicampur secara komposit hingga homogen begitu juga sampel tanah untuk kedalaman 20-40 cm sehingga diperoleh 6 sampel tanah.
Hasil analisis sifat fisik tanah menunjukan Sifat fisik yang dibawah Mucuna Bracteata dan Pakisan serta tanpa vegetasi memiliki harkat yang sama di kedalaman 0-20 cm dan dikedalaman 20-40 cm.Struktur dari ke 3 mucuna bracteata,pakisan,tanpa vegetasi memiliki sifat fisik tanah dengan harkat yang sama.Kandungan dari bahan organik pada lapisan atas lebih tinggi dibanding dengan bahan organik lapisan bawahnya.
Kata kunci: Sifat Fisik tanah, Kedalaman Tanah, Vegetasi.

LOADING LIST...
Erick Firmansyah,SP.M.Sc - Personal Name
Aspa Melinda - Personal Name
Ir.Enny Rahayu,MP (P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...