Ir. Eka Suhartanto, M.Si; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

ANALISIS FAKTOR PENYEBEB BUAH RESTAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS FFA (STUDI KASUS DI PABRIK SUMBER CAHAYA MILL)


Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Buah Restan di hopper Terhadap FFA di Pabrik kelapa sawit serta untuk mengetahui faktor faktor penyebab buah restan di pabrik kelapa sawit, telah dilaksanakan di Laboratorium PT.Mirza Pratama Putra, Kab. Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 01 Juli 2020 s/d 30 September 2020.
Penelitian ini merupakan percobaan factorial yang terdiri dari 1 faktor dan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor tersebut adalah lama inap buah di hopper yang terdiri dari 3 macam perlakuan yaitu lama inap 21 jam, lama inap 23 jam dan lama inap 25 jam. Masing-masing perlakuan di ulang sebanyak 8 kali. Untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan diuji dengan uji jarak berganda Duncan’s (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan faktor penyebab TBS restan/inap dipabrik adalah adanya hari libur kerja pabrik 1 hari dalam 1 minggu, sedangkan pengiriman TBS ke pabrik dilakukan setiap hari sehingga terjadi penumpukan TBS yang tidak terolah selama 20-25 jam. Kadar ALB yang terkandung pada CPO hasil olahan TBS restan/inap di pabrik baik 21 jam, 23 jam dan 25 jam tidak berbeda nyata, akan tetapi ketiganya (inap 21 jam, 23 jam dan 25 jam) menunjukkan beda nyata dibandingkan kadar ALB dati TBS non restan. Setelah dilakukan grading di loading ramp ditemukan buah mentah, buah lewat matang, tandan kosong dan P. Carpy.
Kata kunci : kadar FFA CPO, lama inap/restan

LOADING LIST...
wawanfahrian@gmail.com
Ir. Eka Suhartanto, M.Si - Personal Name
Wawan Fahrian Nor - Personal Name
Dr. Ir. Hermantoro, MS, IPM (P) - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...