Ir. Pauliz Budi Hastuti,MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI LIMBAH TAHU DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSRY


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi limbah tahu dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP 2) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta yang terletak di Desa Tempelasari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret 2020 sampai Juni 2020.
Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (Completelt Randomized Design) yang terdiri dua faktor. Faktor pertama adalah konsentrasi limbah tahu yang terdiri atas tiga aras yaitu, konsentrasi 25%, 50%, dan 75%, yang diaplikasikan setiap satu minggu sekali. Faktor kedua adalah frekuensi penyiraman yang terdiri atas empat aras yaitu, frekuensi penyiraman 1 hari sekali 100 ml, 2 hari sekali 200 ml, 3 hari sekali 300 ml, dan 1 hari 2 kali 100 ml.
Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian konsentrasi limbah tahu dan frekuensi penyiraman tidak ada interaksi nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre nursery. Perlakuan frekuensi penyiraman tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre nursery. Demikian juga pada aplikasi pupuk limbah tahu dengan berbagai konsentrasi tidak berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre nursery.

Kata Kunci: Pembibitan kelapa sawit (Pre nursery), Konsentrasi limbah tahu, frekuensi penyiraman

LOADING LIST...
roymaulinsyahsitohang@gmail.com
Ir. Pauliz Budi Hastuti,MP - Personal Name
Ir. Neny Andayani,MP (P) - Personal Name
Roymaulinsyah Sitohang - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...