Dr.Ir. Herry Wirianata, MS (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH APLIKASI PUPUK ORGANIK DAN FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAP SAWIT DI PRE NURSERY


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh dosis fungi mikoriza arbuskula dan peran pupuk organik pada Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri atas dua faktor. Faktor yang pertama adalah dosis Fungi mikoriza arbuskula yang terdiri dari 4 aras yaitu 0, 15 , 20 , 25 g/bibit. Faktor kedua yaitu Pupuk Organik yang terdiri dari 3 aras yaitu Pupuk organik Chromolaena odorata, Pupuk organik Mucuna bracteata dan Pupuk organik kandang dengan dosis yang sama yaitu 150 g/bibit.
Hasil sidik ragam menunjukkan bahwa tidak ada interaksi yang nyata antara perlakuan dosis FMA dan pupuk organik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery pada semua parameter. Perlakuan dosis fungi mikoriza arbuskula 20 g/bibit menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit yang terbaik dari pada dosis fungi mikoriza arbuskula lainnya serta pada perlakuan pupuk organik jenis Chromolaena odorata menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit yang lebih baik di pre nursery daun. Tingkat kolonisasi akar pada perlakuan dosis FMA 20g/bibt dan Chromolaena odorata menghasilkan persentase 70% yang menunjukan infeksi FMA tertinggi dari pada perlakuan lainnya.

Kata kunci : Dosis fungi mikoriza arbuskula, Pupuk organik, Pembibitan pre nursery kelapa sawit.

LOADING LIST...
rafizpratama40@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2021
yogyakarta
LOADING LIST...