(P) Ir. Sri Manu Rochmiyati, M. Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Dosis Arang Sekam pada Beberapa Jenis Tanah terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit di Pre Nursery


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dosis arang sekam dan beberapa jenis tanah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery telah dilaksanakan di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY pada ketinggian tempat 118 m.dpl. pada bulan Maret hingga bulan Juni 2020.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah dosis arang sekam yang terdiri dari 5 aras dosis yaitu 0, 50, 100, 150, 200 gram/polybag. Faktor kedua yaitu jenis tanah yang terdiri dari 3 jenis yaitu latosol, regosol dan grumusol.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak terdapat kombinasi yang baik antara dosis arang sekam dan jenis tanah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian arang sekam dosis 100 g berpengaruh lebih baik, tanah latosol memberikan pengaruh paling baik dibandingkan tanah regosol dan tanah grumusol, dan Pemberian arang sekam berpengaruh sama dengan pemberian pupuk anorganik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery


Kata kunci : Dosis arang sekam, jenis tanah, bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
febrisetiowibwowo1213@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2021
YOGYAARTA
LOADING LIST...